Cara Memilih Obat Herbal yang Tepat Untuk Anda

Byeditor student

Cara Memilih Obat Herbal yang Tepat Untuk Anda

Saat ini telah banyak ditemukan obat herbal baik yang dikemas dalam bentuk kapsul ataupun sejenisnya. Obat herbal ini berasal dari bahan-bahan alami tanpa mengandung bahan kimia sedikitpun. Banyak obat herbal yang sekarang beredar di masyarakat baik dalam bentuk penawaran ataupun yang berkembang di media sosial.

Pilih obat herbal kemasan yang sudah berlabel izin dari POM

Obat herbal yang sudah mendapat izin dari POM atau MUI sudah pasti terjamin asli dan khasiatnya. Dengan demikian maka sudah tidak takut lagi ingin membeli atau mengkonsumsi karena jelas telah ada pertanggungjawaban keamanannya.

Kenali penyakit yang diderita

Mengenali penyakit terlebih dahulu juga harus anda lakukan sebelum memilih obat herbal yang sesuai. Dengan begitu, maka tidak akan sulit untuk menentukan jenis obat yang sesuai tanpa khawatir akan terkena efek samping yang tidak diinginkan.

Pastikan komposisi bahan obat herbal bagus

Selanjutnya supaya terhindar dari penipuan herbal adalah dengan memastikan bahan pembuat obat herbal yang akan dikonsumsi. Pastikan bahwa bahan-bahan tersebut benar-benar ada dan aman. Untuk lebih lengkapnya, maka silahkan cek di internet tentang bahan-bahan yang digunakan dalam obat herbal tersebut. Anda bisa mencari informasi di green-worldindonesia.com.

Cek masa kadaluarsa

Mengecek masa kadaluarsa adalah hal yang harus anda lakukan selanjutnya. Jika di dalam kemasan tidak tertera tanggal kadaluarsa maka sebaiknya jangan dibeli karena tidak tahu kapan masa kadaluarsa.

Jangan memilih produk dengan kemasan yang sudah rusak

Dalam memilih obat herbal, jangan pernah membeli produk yang kemasannya sudah rusak atau segel telah dibuka. Hal ini jelas produk tersebut sudah tersentuh atau kontak dengan tangan secara langsung. Namun jika semua kemasan yang ditawarkan sangat meyakinkan atau memang sangat terjamin untuk dikonsumsi maka anda boleh membelinya.

Beli di tempat yang telah terdaftar atau direkomendasikan

Biasanya produk herbal yang sudah diizinkan oleh pihak yang berwenang tersebut akan dijual di apotek. Setidaknya jika apotek sudah menyediakan karena ini jelas produk sangat aman dan bukan lagi sebagai ajang penipuan. Biasakan membeli produk herbal yang sudah terdaftar di tempat-tempat tertentu atau yang sudah direkomendasikan oleh produsen.

Teliti sebelum membeli

Meneliti produk terlebih dahulu adalah hal penting yang harus dilakukan baik meneliti tempat produksinya, kemasannya, waktu produksinya serta waktu kadaluarsa. Anda juga harus teliti soal hal-hal yang penting untuk menghindari penipuan serta lebih aman untuk dibeli tanpa mengandung risiko yang besar. Dengan meneliti berbagai macam hal-hal penting serta sudah yakin bahwa produk tersebut aman maka dapat Anda konsumsi.

Hindari obat herbal yang dijual murah

Sangat mustahil bila obat herbal dijual dengan harga yang relatif murah, karena pembuatan obat herbal selain susah juga membutuhkan waktu yang relatif lama. Sehingga tak heran rata-rata harga obat herbal sangat mahal. Jika ada orang yang menawarkan obat herbal dengan harga yang murah maka yang ini perlu dicurigai karena sudah pasti produk yang ditawarkan illegal dan belum mempunyai izin dari pihak yang berwenang.

Konsultasi kepada para ahli obat herbal atau dokter

Jika Anda masih ragu saat memilih atau mengkonsumsi obat herbal maka sebaiknya konsultasi dahulu kepada dokter yang ahli di bidang obat herbal. Hal ini dilakukan karena untuk memastikan obat herbal yang dikonsumsi benar-benar aman ataupun sangat membahayakan tubuh jika dikonsumsi.

Perhatikan peringatan efek samping dari obat herbal yang dituju

Setelah semuanya diperhatikan, maka hal yang penting yang harus diperhatikan selanjutnya adalah efek samping dari obat yang dikonsumsi. Carilah obat herbal yang sekiranya tidak mempunyai efek samping yang malah merugikan. Biasanya efek samping ini sering juga menyebabkan tubuh semakin rentan sakit.

About the author

editor student editor

Leave a Reply