Di Era Digital PDI Perjuangan Tak Mau Ketinggalan Jaman, PDI Gelar Pelatihan Tim Siber

ByAdmin

Di Era Digital PDI Perjuangan Tak Mau Ketinggalan Jaman, PDI Gelar Pelatihan Tim Siber

Di Era Digital PDI Perjuangan Tak Mau Ketinggalan Jaman, PDI Gelar Pelatihan Tim Siber

Di Era Digital PDI Perjuangan Tak Mau Ketinggalan Jaman, PDI Gelar Pelatihan Tim Siber

Perkembangan dunia digital tidak hanya dimanfaatkan dalam dunia bisnis untuk meraih sukses.
Sejumlah partai politik kini mulai sadar dan memanfaatkannya untuk meraih sukses di ajang politik.
Hal ini juga ikut dilakukan PDI Perjuangan Sumatera Utara.  Puluhan kader PDI Perjuangan Sumatera Utara melakukan pelatihan pemanfaatan teknologi digital atau yang biasa disebut dengan siber Belajar Internet Marketing di Four Point Hotel Jalan Gatot Subroto, Medan, pada hari Selasa (14/11/2017).

Pelatihan teknologi digital atau siber ini diberikan kepada para kader untuk meningkatkan efektivitas mesin partai dalam menghadapi Pilkada serentak di Sumut tahun 2018 mendatang. Mereka diajarkan bagaimana cara memanfaatkan media sosial. Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan yaitu Japorman Saragih bahwasannya “Siber memang sangatlah diperlukan guna menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui medsos atau media sosial secara cepat dan akurat”.

Ketua DPD PDI Perjuangan sadar bahwa saat ini merupakan era generasi millenial. Oleh karena itu, kader diharuskan untuk menguasai perkembangan teknologi informasi sehingga bisa membantu partai dalam meraih kesuksesan Blog Bisnis Online. “Banyak pemenang Pilkada, baik di luar negeri ataupun dalam negeri, benar-benar mengusai siber. Begitu pula sebaliknya, kekalahan pada saat Pilkada juga disebabkan siber yang melakukan black campaign terhadap wali kota, calon bupati, calon gubernur hingga calon presiden,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara Soetarto mengatakan bahwa pelatihan tim siber ini terselenggara atas kerja sama dengan pihak Yayasan Friedrich Nauman STIFTUNG. Pelatihan siber ini diikuti oleh kader asal 33 DPC PDI Perjuangan se-Sumatera Utara.  Dalam melakukan pelatihan siber ini setiap DPC mengirimkan satu perwakilan Artikel Inspiratif.

Seorang anggota parpol atau partai politik saat ini tidak hanya dituntuk untuk mempunyai jiwa kepemimpinan serta keahlian dalam berkomunikasi kepada masyarakat secara langsung. Namun, internet dan media sosial sudah menjadi salah satu media atau alat komunikasi utama yang ada ditengah-tengah masyarakat.  Sehingga seorang politisi harus mempunyai keahlian digital yang cukup dan tidak gaptek. Tidak hanya itu, dalam melakukan komunikasi dengan para konstituen medsos kerap dijadikan lahan pembentukan pendapat di masa-masa pertarungan politik. Menyadari akan pentingnya keberadaan media sosial saat ini bagi para partai politik, tak heran jika PDI Perjuangan juga tak mau ketinggalan jaman.

Terlebih dalam pertaruangan antar parpol peran siber sangat signifikan.
Kemenangan partai dalam pertarungan di jejaring sosial atau dunia maya biasanya akan selalu merefleksikan hasil di pemilihan umum sesungguhnya. Di pelatihan siber ini setiap kader dilatih supaya bisa menggunakan berbagai aplikasi penunjang yang bisa membantu mereka agar lbih efektif dan efisien. Sebagai seorang siber opinion leader, tak lupa setiap peserta juga diajarkan bagaimana menghasilkan konten-konten yang berpotensi dan menjadi viral. Selain belajar dengan beragam teori serta strategi, setiap peserta juga langsung melakukan simulasi-simulasi seperti simulasi trending topik.

Dengan menggunakan teknik-teknik yang telah diajarkan sebelumnya, setiap peserta pelatihan berusaha untuk mengangkat suata tema tertentu supaya bisa dijadikan trending topik. Di akhir sesi, setiap peserta dibagi menjadi dua bagian. Kedua kelompok benar-benar seperti ada dalam perlombaan yang mengangkat isu dunia maya melalui media sosial yaitu twitter maxmanroe.com “Pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari sampai dengan hari Rabu (15/11/2017) nanti,” pungkas Soetarto”.

Setelah mengikuti pelatihan siber, diharapkan setiap kader partai bisa membentuk pasukan siber yang benar-benar solid. Sumber berita http://medan.tribunnews.com/2017/11/14/tak-mau-tergilas-di-era-digital-pdi-perjuangan-gelar-pelatihan-tim-siber

About the author

Admin tukangpbn

Leave a Reply