Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo “Tolak” Seragam PNS ala Jokowi

ByAdmin

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo “Tolak” Seragam PNS ala Jokowi

Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Mendagri nomor 6 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas PNS. Berdasarkan peraturan tersebut, PNS di lingkungan Kemendagri, Pemprov, dan Pemkab atau Pemkot diharuskan untuk memakai pakaian atasan putih dan bawahan hitam pada setiap hari Rabu.

Pada hari Senin dan Selasa, PNS di lingkungan Kemendagri dan Pemda mengenakan pakaian dinas harian (PDH) warna kaki. Sedangkan untuk hari Rabu, para PNS diwajibkan untuk mengenakan kemeja putih dengan bawahan hitam atau gelap. Pakaian dinas harian batik, tenun atau pakaian khas daerah dikenakan tiap hari Kamis dan Jumat.

Widodo Sigit Pudjianto sebagai Kepala Biro Hukum Kemendagri, menjelaskan bahwa contoh simbolik dari visi Presiden Jokowi adalah mengenakan seragam putih hitam. http://www.seragamibi.com/

“Presiden memakai baju putih diikuti para pembantunya, untuk memberi contoh simbolik dari nawacita,” kata Widodo saat ditemui di kantornya.

Baju putih di Indonesia memiliki makna bersih, jelasnya. Yang dimaksud di sini adalah agar aparat pemerintahan harus bersih dalam menjalankan setiap tugasnya sebagai pelayan masyarakat. “Kalau pelayanan ke masyarakat bersih, pasti aparatnya juga bersih,” ungkapnya.

Simbol baju putih juga menjadi pengingat untuk tidak melakukan pelanggaran kepada hukum. Baju putih sendiri identik dengan bersih yang harus diiringi sikap yang juga bersih. “Baju putih yang sudah kamu pakai itu harus bersih, maka kelakuanmu juga harus bersih,” tegas dia. Namun, aturan ini ditolak tegas oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

About the author

Admin administrator

Leave a Reply