Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak Untuk Sistem Transparansi Keuangan PDI Perjuangan

ByAdmin

Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak Untuk Sistem Transparansi Keuangan PDI Perjuangan

Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak Untuk Sistem Transparansi Keuangan PDI Perjuangan

Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak Untuk Sistem Transparansi Keuangan PDI Perjuangan

Sudah merupakan hal wajib bagi setiap partai politik untuk melakukan sistem transparansi keuangan. Hal ini bertujuan agar seluruh anggaran dana kegiatan partai mempunyai pembukuan jelas dan jujur, seperti kampanye, mengadakan rapat umum, menggunakan alat peraga, pemasangan bendera partai dan lain sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh Partai PDI Perjuangan yang dipimpin oleh Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri yang bersedia menunjukkan rekening pendanaan partainya. Haryadi, salah satu pengamat politik dari Universitas Airlangga menyampaikan bawa PDIP patut diberikan apresiasi karena telah melakukan transparansi dana. Dengan adanya rekening yang ditunjukkan secara transparan mengenai iuran dan sumbangan dari anggota serta pihak lain membuat rakyat lega sekaligus percaya. Hal tersebut juga menjawab keingintahuan dan harapan mereka yang menginginkan setiap partai politik mau menomorsatukan transparansi dan akuntabilitas.

Haryadi juga menambahkan apabila tindakan dari PDIP merupakan implementasi dan adopsi dari prinsip good governance atau pemerintahan yang baik. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah timbulnya bibit korupsi sekaligus memberantas perkembangannya di dalam pemerintahan. Mengenai proses transparansi dan akuntabilitas tersebut mencakup beberapa hal, antara lain seperti pembukuan dana, penghitungan uang masuk dan keluar, pembuatan laporan, dan lain sebagainya. Agar semua kegiatan tersebut berjalan dengan lancar maka setiap partai dihimbau untuk menggunakan teknologi modern seperti software akuntansi.

Tak hanya Haryadi saja yang mengungkapkan apresiasi terhadap partai dengan lambang kepala banteng tersebut tetapi juga beberapa pihak lain. Julian Batubara selaku politisi dan Wakil Bendahara DPP PDIP sendiri memberikan tanggapan mengenai hal tersebut. Ia mengatakan jika semua dana yang masuk dan dipergunakan oleh partainya akan sesegera mungkin melalui proses audit agar jelas. Bahkan pada saat peluncuran rekening dana maka akan dilakukan workshop atau seminar kecil sebagai wujud pembuktian kepada rakyat. Selain itu adanya workshop tersebut juga untuk bahan implementasi sistem pengelolaan keuangan dari Partai PDI Perjuangan yang memang sejak awal mengutamakan prinsip gotong royong serta kerakyatan. Julian turut membocorkan sedikit informasi penting yaitu diundangnya beberapa LSM seperti ICW, Perludem, CSIS, serta Transparansi Internasional. Tak hanya menyaksikan proses transparansi dana dari partai tetapi juga diminta memberikan masukan mengenai strategi mengelola anggaran keuangan dengan baik dan benar.

Hasto Kristiyanto yang merupakan Sekertaris Jenderal DPP PDIP menegaskan jika semua dana partai akan diaudit oleh akuntan publik atau bukan dari anggotanya sendiri. dengan begitu hadirin serta seluruh rakyat Indonesia bisa mengetahui kemana saja aliran dana dari partai PDI Perjuangan berasal sekaligus kegunannya. Selain itu Hasto menambahkan apabila prosesi audit dana pemasukan dan pengeluaran akan dilakukan secara periodik sehingga hasilnya lebih akurat dan menggunakan teknologi penghitungan canggih seperti software akuntansi.

Partai PDIP sendiri mengatakan jika seluruh dana yang masuk baik dari iuran anggota maupun sumbangan pihak luar akan dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Adapun fokusnya antara lain di bidang pendidikan, politik, pemberdayaan rakyat, sekolah calon kepala daerah, pendidikan perempuan, dan sebagainya. Terlebih lagi kini partai tersebut menerapkan kebijakan baru yakni pembentukan rekening dana partai. Ini bertujuan untuk mendukung konsep “berdikari” atau “berdiri di atas kaki sendiri” di dalam bidang keuangan partai. Kabarnya peluncuran rekening tersebut sudah dimulai dan diterapkan sejak 20 Oktober 2015 lalu dan sekarang masih berjalan dengan baik.

Sudah sepatutnya tindakan jujur dari Partai PDIP dapat dijadikan sebagai contoh untuk parpol lain agar mau melakukan transparansi dan akuntabilitas dana keuangan. Selain memenuhi kewajiban ataupun menghindari sanksi tegas, hal tersebut juga bisa membuat rakyat percaya terhadap keberadaan dan peranan dari partai politik itu sendiri. Untuk memudahkan proses tersebut, pihak partai bisa menggunakan jasa akuntan profesional serta penerapan teknologi softwar akuntasi modern.

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/315656-transparansi-keuangan-pdip diapresiasi.html

About the author

Admin tukangpbn