Politisi PDIP Minta DPR Panggil KPU Terkait Larangan Pakai Gambar Soekarno

ByAdmin

Politisi PDIP Minta DPR Panggil KPU Terkait Larangan Pakai Gambar Soekarno

Politisi PDIP Minta DPR Panggil KPU Terkait Larangan Pakai Gambar Soekarno

Salah satu partai besar yakni PDI Perjuangan ajukan protes terhadap pelarangan menggunakan gambar Presiden pertama yaitu Ir. Soekarno. Beberapa politisi partai tersebut menghadap dan minta lembaga Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR memanggil KPU untuk menindaklanjuti perkara tersebut. Mereka menganggap tindakan pelarangan terhadap penggunaan foto ataupun gambar mantan presiden RI pertama terlalu berlebihan dengan alasan yang tidak logis sama sekali.

Politisi PDIP Minta DPR Panggil KPU Terkait Larangan Pakai Gambar Soekarno

PDIP mengajukan keberatan dengan alasan aturan dari Komisi Pemilihan Umum melarang suatu partai memajang atau memasang gambar seorang tokoh pahlawan nasional. Lagipula Soekarno bukan merupakan pencetus, pengurus ataupun anggota partai politik dimana bisa dicurigai jika partai PDIP memanfaatkannya sebagai alat peraga serta salah satu bentuk kegiatan kampanye di masyarakat.

Masalah menjadi makin besar ketika yang dilarang adalah penggunaan gambar dari Presiden RI pertama yakni Ir. Soekarno yang juga merupakan ayah kandung dari Megawati Soekarno Putri selaku Ketua Umum partai PDI Perjuangan. Mereka mengungkapkan apabila ideologi dari Soekarnolah yang menjadi dasar utama pembentukan serta berjalannya partai PDI Perjuangan itu sendiri. Beberapa alasan itulah yang kemudian menjadi faktor utama serta membuat seluruh anggota partai menjadi geram dan merasa diperlakukan tidak adil.

Untuk menanggapi permasalahan agen dominoqq 99 tersebut, pihak PDI Perjuangan meminta Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat segera mengutus lembaga penyelenggara pemilu atau KPU menghadiri rapat di gedung dewan. Ini merupakan salah satu bentuk upaya protes terbaik yang harus dilakukan. Wakil dari Sekjen PDIP, Ahmad Basarah mengatakan kalau tindakan tegas tersebut bertujuan untuk menjelaskan argument mengenai pelarangan menggunakan foto Soekarno selaku tokoh pahlawan bangsa dalam partainya. Menurutnya, adanya pelarangan memasang gambar tokoh presiden Soekarno yang bukan merupakan pengurus parpol ataupun sebagai alat kampanye malah memberikan dampak buruk daripada manfaat positifnya. Ia kembali menambahkan dan memberikan salah satu contoh dampak buruk yaitu membuat masyarakat menjadi lupa akan sejarah secara tidak langsung. Selain itu juga kekhawatiran apabila rakyat telah lupa mengenai ajaran, pemikiran, idiologi serta perjuangan para tokoh pahlawan pembela tanah air. Disamping itu semua orang telah mengetahui dan hafal betul apa bila gambar Soekarno menjadi salah satu identitas dari partai PDIP itu sendiri.

Meskipun begitu ternyata pihak dari partai PDI Perjuangan juga sebenarnya gerah dikarenakan selama ini mereka selalu menggunakan gambar dan foto Presiden Soekarno di tiap kegiatan, termasuk saat melakukan kampanye di dalam masyarakat. Basarah sendiri telah mengungkapkan hal tersebut dan mengatakan apabila PDIP sudah memperjuangkan gagasan, nilai, serta pemikiran mengenai perjuangan dari Bung Karno. Bukan hanya semata tokoh nasional itu merupakan ayahanda dari Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. Ia kembali memberikan pertanyaan tegas dimana meminta KPU melakukan revisi ulang mengenai PKPU Nomor 4 pada tahun 2017 karena menganggap tindakan pemasangan gambar suatu tokoh penting menjadi hal kurang bermanfaat atau malah merugikan.

Dari kasus ini menimbulkan berbagai pro dan juga kontra. Ada pihak yang menganggap bahwa tindakan larangan pemakaian gambar Soekarno oleh parpol merupakan hal biasa saja. Terlebih lagi partai PDI Perjuangan telah lama memajang foto tersebut dalam setiap bentuk kegiatan sebagai bentuk pengakuan karena mereka menggunakan ideologi yang sama dengan sang presiden. Akan tetapi pihak lain tidak demikian dan beranggapan apabila tokoh pahlawan sebaiknya tidak diklaim oleh partai politik manapun karena telah menjadi milik bangsa dan seluruh rakyat Republik Indonesia.

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2018/02/28/05070051/dilarang-pakai-gambar-soekarno-politisi-pdi-p-minta-dpr-panggil-kpu

Baca juga artikel kami lainya mengenai:  pdi perjuangan ada 7 juta lgbt di indonesia apa ini akhir zaman

About the author

Admin tukangpbn